Majene, 13 Agustus 2025 – Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sulawesi Barat sukses menyelenggarakan kegiatan Kuliah Praktisi: Membangun Kompetensi Mengajar Melalui Praktik Nyata secara daring melalui Zoom Meeting. Acara ini diikuti oleh 76 mahasiswa aktif PBI dari angkatan 2022, 2023, dan 2024, serta dihadiri beberapa dosen PBI yang berperan sebagai panitia dan juga peserta.
Kegiatan dibuka dengan pembagian link absensi oleh panitia, kemudian MC Nurfadilah Nadjib, S.Pd., M.Pd., memandu jalannya acara. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu host, doa dipimpin oleh Ahyadi, M.Pd. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua Panitia, Ahmad Junaedi, S.Pd., M.Pd., yang menekankan pentingnya kuliah praktisi sebagai jembatan antara teori perkuliahan dan realitas di lapangan. Sambutan berikutnya disampaikan oleh Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni yang diwakili Rahmatullah Syaripuddin, S.Pd., M.Pd., dilanjutkan dengan sambutan resmi pembukaan oleh Wakil Dekan III FKIP UNSULBAR, Dr. Umar, S.Pd., M.Pd., yang mengapresiasi kehadiran para narasumber dan partisipasi aktif mahasiswa serta mendukung kegiatan serupa di masa mendatang.
Sesi materi pertama dibawakan oleh Jumiati, S.Pd., Gr., Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 2 Sendana. Beliau memaparkan Tips dan Trik Menjadi Pemimpin Pembelajaran Berkelas di Kelas, mulai dari strategi membangun kepercayaan diri, menciptakan suasana kelas yang kondusif, hingga teknik memotivasi siswa. Tidak hanya teori, Jumiati juga mempraktikkan penggunaan berbagai tools digital dan teknologi AI yang dapat membantu guru dalam menyusun rencana pembelajaran yang inovatif. Sesi kedua diisi oleh Erniwati, S.Pd., M.Si., Kepala SD Negeri 066 Pekkabata, yang membahas Praktik Baik dalam Mengajar. Beliau memperkenalkan metode STAR (Situation, Task, Action, Result) sebagai kerangka berpikir untuk merefleksikan dan meningkatkan kualitas pengajaran. Peserta diajak memahami bagaimana metode ini dapat diterapkan dalam berbagai situasi pembelajaran, baik di tingkat dasar maupun menengah. Diskusi dan tanya jawab berjalan dinamis, dengan mahasiswa mengajukan berbagai pertanyaan terkait cara mengelola kelas dengan baik hingga menciptakan hubungan yang ideal antara guru dan siswa.
Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat penghargaan kepada kedua narasumber, sesi dokumentasi, serta pembagian link sertifikat kehadiran bagi peserta. Kegiatan ini diharapkan menjadi inspirasi sekaligus bekal praktis bagi mahasiswa PBI FKIP UNSULBAR untuk mengembangkan kompetensi mengajar yang adaptif, kreatif, dan berbasis pengalaman nyata di lapangan.
Dokumentasi Kegiatan:












