Webinar “IELTS for International Opportunity”

0
127
ielts

Melanjutkan studi ke luar negeri menjadi impian banyak orang. Selain dapat memberikan pengalaman akademik yang berbeda, studi ke luar negeri bisa menciptakan relasi yang lebih luas  dengan cakupan internasional. Namun, salah satu syarat wajib untuk melanjutkan studi keluar negeri adalah dengan memiliki sertifikat IELTS sesuai dengan standar yang dipersyaratkan kampus dan negara yang menjadi tujuan studi. Dalam mempersiapkan ujian seperti IELTS, merupakan tantangan tersendiri bagi sebagian besar orang. Terkait hal ini, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sulawesi Barat (UNSULBAR) menggelar webinar dengan tema “IELTS for International Opportunity” pada Sabtu, 1 Mei 2021.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Unsulbar, Dr. Abdullah Pandang, M.Pd. yang turut hadir membuka kegiatan ini menuturkan bahwa bagi para dosen diharapkan mengikuti kegiatan ini dengan sungguh sungguh, agar nantinya dapat membuka peluang yang lebih besar untuk mengikuti kegiatan-kegiatan berskala internasional maupun melanjutkan studi ke luar negeri.

Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unsulbar, Nurhaeni, S.Pd., M.Pd. menambahkan, tujuan digelarnya webinar ini untuk memberi bekal bagi para dosen di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang berminat untuk melanjutkan studi keluar negeri dan ingin melaksanakan tes IELTS. Sebenarnya kegiatan ini akan dilaksanakan dengan lebih komprehensif dalam format workshop dan simulasi tes IELTS, namun karena adanya kondisi pandemi sehingga kegiatan ini akhirnya dilaksanakan secara daring dengan mengganti format acara menjadi webinar.

Kegiatan yang digelar secara daring via Zoom ini, menghadirkan tiga narasumber penerima beasiswa luar negeri. Para narasumber membahas tentang strategi dalam mengerjakan soal serta tips dan trik untuk meningkatkan skor IELTS. Adapun narasumber yang dihadirkan yaitu Nurul Imansari, S.S., M.A., selaku dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unsulbar sekaligus alumni Master Program Lancaster University, United Kingdom dengan beasiswa LPDP, Andi Dewangga Permana Putra, S.Pd., M.Ed. selaku peraih beasiswa Australia Awards scholarship di Flinders University of South Australia, dan Awaluddin Syamsu, S.Pd.I., M.A.TESOL. selaku peraih beasiswa Australia Awards Scholarship di Flinders University, Australia. Masing-masing narasumber membahas materi tentang gambaran umum IELTS, pembagian waktu, perhitungan score IELTS, serta strategi jitu menaklukkan empat skill yang diujikan dalam tes IELTS, yaitu skill Listening, Reading, Writing dan Speaking. Selain memaparkan materi, para narasumber juga memperlihatkan contoh tipe soal yang diujikan dalam tes IELTS agar para peserta dapat lebih familiar dengan soal tersebut. Hasil yang diharapkan setelah mengikuti webinar ini adalah para peserta yaitu dosen-dosen di lingkup FKIP Unsulbar dapat mempraktikkan semua materi yang telah mereka dapatkan pada saat mengerjakan soal IELTS sehingga dapat membawa peserta lebih dekat menuju impian melanjutkan studi ke luar negeri.

Dokumentasi Kegiatan:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here