EPTIC Untuk Mahasiswa PBI Angkatan 2018

0
162
epticpbiusb

English Proficiency Test for Internal Control (EPTIC) diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sulawesi Barat (UNSULBAR) pada Sabtu, 23 Oktober 2021.

Kegiatan ini diadakan secara luring dengan memperhatikan protokol kesehatan di Gedung Laboratorium ICT, Fakultas Teknik, Universitas Sulawesi Barat. Tercatat 91 peserta mengikuti kegiatan ini yang merupakan mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Angkatan 2018.

Tujuan EPTIC yaitu mengukur dan mengontrol penguasaan Bahasa Inggris mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Dalam surat pengumumannya, Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Nurhaeni, S.Pd., M.Pd. menjelaskan kegiatan ini wajib diikuti oleh mahasiswa sebagai syarat pengajuan seminar proposal untuk penyelesaian studi.

Adapun pelaksanaan EPTIC yaitu dengan tahapan kegiatan sebagai berikut:

  1. Peserta melakukan registrasi,
  2. Peserta masuk ke ruangan dengan tertib dan memperhatikan protokol kesehatan yang ditentukan,
  3. Panitia menjelaskan tata tertib pelaksanaan kegiatan EPTIC,
  4. Panitia membagikan lembar jawaban dan paket soal,
  5. Peserta mengisi identitas pada lembar jawaban sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh panitia/pengawas,
  6. Peserta mengerjakan soal-soal EPTIC yang terbagi atas 3 Sections (Listening Comprehension, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension) selama kurang lebih 2 jam.
  7. Peserta mengumpulkan paket soal,
  8. Panitia memberikan arahan dan memandu peserta untuk menginput jawaban melalui link google form yang disiapkan,
  9. Peserta mengumpulkan lembar jawaban,
  10. Panitia memeriksa dan memastikan semua paket soal dan lembar jawaban dari peserta telah diserahkan/terkumpul, dan
  11. Panitia penutup kegiatan.

EPTIC merupakan nama lain dari TOEFL Prediction yang dirancang oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNSULBAR. Nama EPTIC sendiri terinspirasi dari TOEFL (Test of English as a Foreign Language) yaitu tes Bahasa Inggris yang dirancang untuk mengukur penguasaan Bahasa Inggris seseorang yang bahasa ibunya bukan Bahasa Inggris.

Saat ini, EPTIC hadir sebagai wadah bagi civitas akademika Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNSULBAR dalam merespon pentingnya tingkat penguasaan Bahasa Inggris di masa sekarang dan akan datang. Harapannya, semoga hal ini dapat dilaksanakan secara terus menerus dan berkelanjutan dan menjadi salah satu program unggulan di tingkat prodi, fakultas, maupun universitas.

Dokumentasi Kegiatan:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here