Berkegiatan di Luar Kampus, Dosen dan Mahasiswa FKIP Gelar FGD Program Organisasi Penggerak (POP)

0
905

Focus Group Discussion (FGD) Program Organisasi Penggerak (POP) dengan tema “Literasi dan Numerasi untuk Semua” dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Majene pada Rabu, 3 November 2021.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Yayasan Sahabat Pulau Indonesia, yang merupakan organisasi aksi kepemudaan yang berfokus pada penyelesaian masalah pendidikan yang melibatkan pemuda dan anak-anak di seluruh Indonesia. Tak sedikit mahasiswa FKIP Unsulbar yang bergabung menjadi relawan Sahabat Pulau dan menjadi tim pelaksana kegiatan ini. Salah satu dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Nirma Paris yang terlibat dalam kegiatan ini juga merupakan Co-founder Sahabat Pulau Indonesia sekaligus Penanggung Jawab POP di Kabupaten Majene.

FGD ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan POP. Kegiatan ini menghadirkan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Bapak Dr. Abdullah Pandang, M.Pd. sebagai narasumber. Tujuan FGD ini adalah untuk menggali masalah-masalah yang dihadapi oleh 20 peserta yang merupakan guru-guru Sekolah Dasar (SD) kelas rendah dalam pengajaran literasi dan numerasi. Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan Amazing Teacher Bootcamp dan Workshop untuk diseminasi hasil FGD dan memberikan solusi-solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh kepala sekolah dan guru-guru.

“Harapan kami melalui program pendampingan kepada kepala sekolah dan guru-guru ini, peserta bisa meningkatkan keterampilan professional dan leadership, memiliki motode-metode mengajar yang efektif, dan bisa menggunakan bahan ajar yang ada dilingkungan sekitar sehingga siswa-siswi termotivasi untuk belajar dan bisa meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa”, ujar Nirma. “Kami juga berharap banyak mahasiswa yang mengikuti kegiatan diluar kampus dengan ikut mengambil peran pada masyarakat khususnya untuk menyelesaikan masalah-masalah pendidikan di Sulawesi Barat yang sejalan dengan indikator kinerja utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri dan melakukan kerjasama baik dengan instansi pemerintah maupun yayasan nirlaba” lanjutnya.

Program Organisasi Penggerak (POP) adalah salah satu Program Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi yang diamanahkan kepada lembaga pemerintah dan organisasi masyarakat untuk meningkatkan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang dapat memberikan dampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik. POP ini dijalankan di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat dan Kabupaten Majene, Sulawesi Barat periode September-Desember 2021 dan telah launching pada tanggal 19 Oktober 2021 yang dihadiri oleh Pengurus Yayasan Sahabat Pulau Indonesia, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Bima dan Majene, pemerhati pendidikan, tokoh masyarakat, kepala sekolah dan guru-guru pada 20 Sekolah Dasar (SD) sasaran dan relawan Sahabat Pulau.

Sumber Informasi: Nirma Paris, S.Pd.I., M.A. (Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNSULBAR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here