Kolaborasi dengan Kampus Luar Negeri, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Mengadakan Kuliah Umum

0
86

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggis mengadakan International Guest Lecture dengan menggandeng Khon Kaen University (KKU), Thailand sebagai mitra. Keynote Speaker dalam kegiatan yang bertema “A Discourse Analysis of Speech in the TED Talks Corpus” ini adalah Jittima Kraisriwattana, B.A., M.A. yang merupakan dosen di Khon Kaen University dan peneliti dalam bidang Linguistics. Penelitiannya mendapatkan penghargaan sebagai Outstanding Research di KKU.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mengenalkan kepada mahasiswa tentang penelitian dalam bidang Pendidikan dan Bahasa Inggris, mengenalkan budaya, dan sharing tentang beasiswa. Kegiatan yang dilakukan pada hari Sabtu, 11 Juni 2022 menggunakan virtual meeting dengan memanfaatkan media Zoom Meeting. Kegiatan ini diinisiasi oleh Nirma Paris, M.A. yang merupakan salah satu dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris pengampuh mata kuliah Discourse Analysis dan dibantu oleh beberapa mahasiswa yang dibentuk dalam Organizing Committee.

Dalam kegiatan tersebut, keynote speaker membahas tentang kehidupan di Thailand terutama budaya yang dimiliki negara tersebut. Hal tersebut membuat peserta mengenal budaya dan kehidupan di negara lain. Tak hanya itu, mereka juga mendapatkan informasi tentang ASEAN Scholarship dan pertukaran pelajar. Dan yang terpenting, setelah mengikuti International Guest Lecture ini, peserta memilki pengetahuan yang lebih luas tentang penelitian-penelitian terbaru dalam Pendidikan dan Bahasa Inggris serta trik dan tips bagaimana cara memilih topik dan memulai penelitian.

Nirma Paris, M.A. mengungkapkan harapannya terhadap kegiatan ini. “Harapan kami, peserta kegiatan ini memiliki motivasi dan ide-ide cemerlang untuk melakukan kebaruan penelitian dalam Pendidikan dan Bahasa. Selain itu, kami berharap bahwa dengan adanya kegiatan ini, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris bisa menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan dan penelitian dengan kampus di luar negeri untuk mendorong tercapainya Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi. Terakhir, kami berharap setelah kegiatan ini, mahasiswa memiliki motivasi untuk mencari peluang mengikuti kegiatan akademik di kampus luar dan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan mendapatkan beasiswa dari dalam dan luar negeri.” Ujarnya.

Para mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena bisa memberikan mereka peluang untuk bertukar budaya dengan negara lain serta dapat lebih memahami penelitian-penelitian Pendidikan dan Bahasa Inggris, khususnya Discourse Analysis. Kegiatan ini sukses menghadirkan kurang lebih 60 peserta yang didominasi oleh mahasiswa PBI Angkatan 2019 (semester 6) dan beberapa mahasiswa angkatan lain yang tertarik untuk bergabung dalam kegiatan ini.

Jurnalis: Jayanti dan Nur Amalia (Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNSULBAR)

Dokumentasi Kegiatan:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here