Pendidikan Bahasa Inggris Event Daring! Kuliah Perdana Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 PBI FKIP Unsulbar Berlangsung Khidmat

Daring! Kuliah Perdana Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 PBI FKIP Unsulbar Berlangsung Khidmat

Categories:

Majene, 06 Februari 2024 – Walaupun berlangsung secara daring, semangat mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sulawesi Barat tetap berkobar di kuliah perdana yang digelar hari ini. Para dosen PBI dan lebih dari 300 mahasiswa semua angkatan antusias mengikuti acara ini melalui platform zoom meeting.

Dengan penuh semangat, MC membuka acara dan menyambut seluruh peserta kuliah perdana. Doa pun dipanjatkan oleh Pak Ridwan, S.Pd.I, M.Pd., salah satu dosen bahasa Inggris, sebagai wakil dari seluruh dosen yang hadir, untuk memohon keberkahan acara ini.

Ketua Panitia, Ibu Hustiana, S.Pd., M.Pd., memberikan sambutan pembukaan dengan hangat, memberikan ucapan selamat datang kepada mahasiswa, dan menjelaskan tujuan dari kuliah perdana ini. Selanjutnya, Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris,  Bapak Amrang, S.Pd.,M.Pd. memberikan sambutan resmi yang penuh motivasi, serta membuka secara resmi kuliah perdana ini. Beliau juga memberikan arahan dan harapan kepada mahasiswa dalam menghadapi semester baru secara daring.

Agenda berikutnya, Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Ibu Putu Wahyu Sudewi, S.Pd.,M.Pd. memberikan materi penting tentang kontrak kuliah, menjelaskan tata cara dan aturan yang harus diikuti oleh mahasiswa dalam menjalani pembelajaran online maupun onffline nantinya. Beliau juga memberikan informasi penting mengenai jadwal kuliah, tugas, dan evaluasi.

Tidak ketinggalan, Pak Asdar,S.Pd., M.Pd., pembina kemahasiswaan, memberikan materi yang menginspirasi tentang peran penting English Proficiency Test for Internal Control (EPTIC) dalam kehidupan kemahasiswaan. Beliau berbagi tips dan saran tentang bagaimana mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan menguasai aspek-aspek penting dalam bahasa Inggris.

Selanjutnya, Ibu Nurul Imansari, S.S.,M.A., dosen PBI Unsulbar yang berpengalaman dalam bidang penerjemahan, juga memberikan materi yang menarik tentang praktikum penerjemahan. Dalam materinya, beliau membahas pentingnya penerjemahan dalam kehidupan sehari-hari, memberikan tips praktis tentang cara meningkatkan keterampilan penerjemahan, serta peluang-peluang karir di bidang penerjemahan. Mahasiswa sangat antusias mendengarkan materi ini, karena penerjemahan merupakan salah satu aspek penting dalam studi Bahasa Inggris.

Selanjutnya, materi MBKM dibawakan oleh pak Ahmad Junaedi, S.Pd.,M.Pd., salah satu program MBKM Unsulbar yaitu Asistensi Mengajar dan capaian-capaian kinerja yang telah tercapai selama ini.

Menjelang usai, kuliah perdana juga menampilkan mahasiswa alumni yang berhasil dan menginspirasi serta mengumumkan the best student of the year.

Terakhir, Kaprodi PBI FKIP Unsulbar menyajikan materi tentang siklus akademik yang ditutup dengan tanya jawab dan foto bersama melalui zoom meeting.

Acara kuliah perdana hari ini berjalan dengan sukses dan memberikan informasi serta inspirasi yang berharga bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Sulawesi Barat. Diharapkan acara ini dapat membantu mahasiswa dalam menghadapi semester baru dengan semangat yang tinggi dan penyesuaian yang baik dalam perkuliahan semester genap tahun akademik 2023/2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published.